Acara Dieng Culture Festival 2014


Gebyar budaya lokal di pegunungan dieng yang di persembahkan oleh kelompok sadar wisata dieng pandawa dengan tema " Ritual Cukur Rambut Gembel " yang di kemas secara unik dan apik di acara Dieng Culture Festival 5, 2014.
Acara kegiatan yang akan di gelar di musim dingin ( Agustus 2014 ) merupakan agenda penting bagi masyarakat dataran tinggi dieng dan sekitarnya untuk tetap melestarikan budaya langka yang ada di kawasan pegunungan dieng.

Dieng culture festival ke lima bisa di jadikan agenda liburan wisata ke dataran tinggi dieng dan menjadi tujuan utama untuk menikmati keindahan dieng di musim kemarau, merasakan sensasi dingin dan dibalut kehangatan budaya masyarakat pegunungan yang di temani dengan tungku-tungku kecil perapian di setiap rumah penduduk. Dieng culture festival tahun ini masih mengusung beberapa tema acara tahun lalu seperti :

Parade seni budaya lokal dieng, pameran kerajinan dieng, festival film indie dieng, pesta balon dan lampion, pesta bakar jagung masal, kembang api, wisata jalan sehat, minum purwaceng bareng, musik jazz atas awan, dan tentunya dengan acara inti yaitu pencukuran rambut anak-anak gembel.

Di bulan agustus yang serba dingin menjadi bulan favorit wisatawan untuk menikmati summer time ala eropa di dieng indonesia.

Wisatawan yang berkunjung di acara dieng culture festival 2014 nanti juga akan di suguhi beberapa kegiatan yaitu wisata jalan sehat di pagi hari yang di mulai dari halaman parkir gedung suharto withlem dan kembali ke area tersebut sembari menikmati hangatnya minuman herbal purwaceng secara massal, mencicipi produk lokal dieng yang di pamerkan di stand-stand utama areal kegiatan, dan mendengarkan alunan musik tradisional seperti pentas seni khas dataran tinggi dieng.

Alamat acara dieng culture festival 2014 akan di fokuskan di area komplek candi arjuna dieng banjarnegara jawa tengah selain di kawasan taman wisata alam telaga warna dieng wonosobo.

Salah satu rangkaian acara dieng culture festival 2014 juga akan mengenalkan salah satu spot untuk melihat golden sunrise dieng selain di bukit sikunir dan gunung prau dieng yaitu lembah semurup yang ada di atas gunung pangonan dengan tema Ekspedisi Pangonan Dieng di peruntukkan bagi pecinta alam yang juga di laksanakan bersamaan dengan acara jalan sehat serta pelepasan balon udara. 

Pagelaran acara dieng culture festival 2014 akan di selenggarakan pada hari sabtu dan minggu yaitu dari tanggal 30 sampai 31 agustus 2014. Dan acara tersebut di dukung oleh dinas provinsi jawa tengah ( visit jateng 2014 ) , dinas pariwisata kabupaten banjarnegara dan para sponsorship pendukung lainnya serta masyarakat dataran tinggi dieng khususnya.

Silahkan simak beberapa informasi yang berhubungan dengan open trip dan penginapan dieng yang bisa di jadikan referensi bagi wisatawan untuk mengunjungi acara akbar tersebut.

Informasi yang berhubungan dengan agenda, alamat kegiatan, jadwal acara festival, akomodasi resmi, harga tiket dieng culture festival silahkan mengunjungi situs resmi panitia dieng culture festival #5, 2014.

Sumber : Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa ( Penyelenggara )