JALUR PENDAKIAN GUNUNG PRAU DIENG


Dieng Nih...Bukit Teletubbies yang masih alami di pegunungan prau dieng. Gunung prau sebagai puncak tertinggi di daerah pegunungan dieng ( 2.565 m dpl ) memiliki spot terbaik untuk melihat keindahan dan pesona alam luar biasa di banding dengan perbukitan di sekitarnya.

Puncak pegunungan prau di hiasi bunga liar seperti bunga daysi atau ceplikan ( Jawa ) dengan gundukan gundukan tanah menyerupai deretan bukit kecil yang tersebar dari ujung utara hingga selatan dan lebih di kenal sebagai Bukit Teletubbies Dieng ( TamanSeribu bukit ). 

Panorama yang bisa di saksikan seperti gunung slamet di sebelah barat dengan keindahan Sunsetnya gunung prau dieng, sebelah timur pegunungan di jawa tengah seperti gunung sindoro, gunung merbabu, gunung merapi, gunung unggaran, gunung telomoyo, gunung tlerep, gunung kelud, dan bukit batok di kaki lereng pegunungan prau tersebut.

Di atas puncak gunung prau inilah sering di jadikan tempat  untuk hunting spot golden sunrise prau yang spektakuler selain menikmati golden sunrise sikunir

Bagi penduduk dieng gunung prau juga sering di sebut dengan istilah telaga wurung. Satwa khas penghuni pegunungan prau adalah burung elang jawa, babi hutan, dan kera hitam.

Beberapa jalur yang di gunakan untuk kegiatan trek pendakian menuju gunung prau dieng bisa melalui dieng kulon, dieng wetan atau desa patak banteng dan kalilembu dieng.

Jalur menuju gunung prau di mulai dari dieng plateau, gemekan area, bukit bucu, plintangan, tower anjir, padang rumput telaga wurung, dan puncak prau. Namun demikian bagi para pendaki pemula tidak ada salahnya untuk melewati jalur dari dieng plateau yang mudah dan tidak berbahaya.

Bagi wisatawan mau mencoba wisata adventure seperti wisata pendakian ke gunung prau dieng bisa menggunakan jasa pemandu khusus atau para porter akan membantu membawa perbekalan wisatawan serta pilihan trip jelajah gunung yang di kemas dalam paket wisata dieng gunung prau.

Transportasi ke gunung prau bisa memilih area transit di jogjakarta, purwokerto, wonosobo bagi pendaki dari luar jawa tengah hal tersebut sudah semakin mudah dengan tersedianya jasa tranportasi wisata ke gunung prau melalui jasa rental mobil antar jemput di sekitar jawa tengah.

Informasi terbaru seputar jalur pendakian gunung prau untuk sementara akan di tutup guna memulihkan ekosistem dan kegiatan reboisasi di bulan mendatang.
Lokasi basecamp pendakian via dieng wetan sekarang berada di area siti hinggil atau sebelah gedung sekolah SMPN Dieng Kejajar.