Desa Wisata Dieng Kulon


DESA WISATA DIENG KULON 

Desa Wisata Dieng Kulon merupakan salah satu dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Dilihat dari luas wilayahnya, Dieng Kulon memiliki luas sekitar 337.846Ha dengan landscape dominan adalah perbukitan. Ada sekitar 163.603 ha untuk areal pertanian dan masih tersedia area hutan lindung 186.9 Ha. Secara spesifik, Desa Dieng Kulon berada di ketinggian 2093 mpdl. Berjarak sekitar 55 km menuju kota Banjarnegara.

Berbagai daya tarik wisata di desa Wisata Dieng Kulon dari pemandangan Alam (Pemandangan lanscape Pegunungan, Kawah Telaga/Danau), Atraksi Seni dan Budaya (Peninggalan Candi Hindumulai  Abad VII Dinasty Sanjaya - Dinasty Sailendra, Berbagai kesenian tradisional dari wayang kulit, tari rampak yakso Pringgondani, lengger, thek-tek, Rodad, barongsai, Budaya Cukur Rambut anak-anak Gembel, Baritan syuro, Budaya api-api) Agrowisata bercocok tanam kentang, carica purwaceng, kacang Dieng dll),  Wisata outbond.


Mengenal Wisata Budaya di dataran tinggi dieng ternyata menarik sekali untuk di kembangkan dengan berbagai Paket Wisata seperti liburan desa wisata yaitu Paket Wisata Live In Desa Wisata Dieng Kulon , Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah .

Bagi wisatawan dengan konsep tinggal di desa wisata membuat suasana lain  selama mengikuti kegiatan berbasis wisata pedesaan, selain menikmati objek wisata sejarah, wisata alam, wisata outbound, wisata petualangan dan wisata seni budaya .

Dengan rundown atau rangkaian acara yang di kemas tersebut, terutama wisatawan yang berasal dari luar pulau jawa seakan membawa kenangan tak terlupakan.
Bisa mengenal budaya jawa ala dieng dan yang tak kalah pentingnya wisatawan di ajak langsung untuk membuat kerajinan khas dieng, bercocok tanam kentang, menari bareng kelompok kesenian lokal, serta diajarkan bagaimana cara memainkan alat Musik Tradisional berupa Gamelan Jawa serta bisa ikut mendendangkan lagu karawitan pedalangan dengan bahasa dan lirik Jawa
                                     
             Selamat Datang Di Desa Wisata Dieng Kulon. 

Popular Posts