Trip Guide Prau Mendaki Gunung Merbabu


Sejarah nama salah satu gunung di wilayah kabupaten magelang jawa tengah ( lereng sebelah barat ) dari cerita etimologi kata merbabu berasal dari kata meru ( gunung ) dan abu ( abu ).
Gunung merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl, jalur pendakian ke puncak gunung merbabu bisa melalui jalur wekas, selo dan thekelan. Puncak gunung merbabu terdapat beberapa puncak utama yaitu puncak kenteng songo, puncak syarif.


Tim guide gunung prau ( dieng mountaineer united, dieng adventure dot com dan dieng indonesia dot com ) memilih jalur thekelan sebagai awal pendakian melalui basecamp , pos pending, hutan pinus, pereng putih, Watu Gubug, watu tulis, jembatan setan, puncak syarif dan kenteng Songo.


Keindahan gunung Merbabu ketika pagi datang, kita bisa langsung melihat matahari terbit dengan pemandangan gunung Lawu di sebelah timur, dari puncak ke bawah jelas terlihat gunung sindoro, gunung sumbing, gunung Telomoyo, gunung Unggaran, gunung andong, dan tentunya halaman rumah kami yaitu puncak gunung Prau Dieng.


Menyaksikan kemegahan gunung merapi ( the most active volcano ) merupakan sebuah pemandangan alam yang tiada dua , dengan ganasnya kepulan asap dari puncak merapi , hamparan bunga edelweis, dan berbagai cerita misteri yang menyelimuti gunung merbabu menjadi dongeng sebelum tidur di kala rasa lelah menghampiri kami selama pendakian hingga tengah malam.


Pendakian bareng komunitas dieng mountaineer united, pemandu wisata gunung Dieng, tidak lupa meluangkan waktu untuk foto bersama dengan pengelola taman nasional gunung Merbabu Jawa Tengah sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke desa Thekelan.  

Popular Posts