Bakti Sosial Bersama Pokdarwis Dieng Pandawa


Di bulan yang penuh berkah dengan rentetan acara sedekah di kemas menjadi sebuah event masyarakat desa dieng kulon dalam bentuk rasa syukur atas anugerah Yang Maha Kuasa yang sangat berlimpah ruah.
Kegiatan tradisi atau budaya sedekah atau ruwat bumi dieng menjadi program tahunan untuk di selenggarakan setiap tahun yaitu di bulan suro ( Jawa ).

Mengisi kegiatan dalam mendukung tradisi budaya lokal masyarakat dieng, seperti sedekah bumi, pertunjukkan wayang, musik tradisional rebana, dan agenda bakti sosial berupa pembagian seperangkat alat tulis untuk kegiatan di pesantren, madrasah, dan tempat belajar kitab suci umat islam di kawasan dataran tinggi dieng.

Sebelum acara baksos di lakukan acara baritan merupakan acara pembuka dengan tema ' mbubaraken peri lan setan " ( Baritan ).
Agar masyarakat yag berada di kawasan dieng selamat dari bala / petaka maka tradisi Baritan masih di lestarikan hingga sekarang.

Pokdarwis Dieng Pandawa yang di ketuai oleh saudara Alif Faozy dan di hadiri kepala desa dieng kulon ( Bp.Slamet Budiono ) beserta tokoh-tokoh masyarakat lainnya juga ikut andil memberikan bantuan alat tulis secara simbolis kepada pengurus TPA se Kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Dalam sambutannya Bapak Kepala Desa Dieng Kulon mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk mendukung kegiatan pariwisata di daerah dieng terutama di desa dieng kulon yang telah meraih juara desa wisata tingkat provinsi maupun nasional, namun demikian masyarakat harus tetap waspada dengan dampak positif dan negatif dari kegiatan pariwisata yang sekarang ini sedang menjadi trend destinasi wisata jawa tengah. 

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara