CERITA LEGENDA DANAU PENGILON DIENG



Begitu banyak Cerita dan Legenda Di kawasan Pegunungan Dieng yang masih tersembunyi oleh kabut Peradaban di Puncak Gunung para Dewa. sehingga tidak mengherankan, jika anda melihat dan merasakan Nuansa yang berbeda ketika berkunjungi di Dataran Tinggi Dieng .

Keberadaan tentang Sejarah Danau seperti Telaga Merdada, Telaga Swiwi, Telaga Cebong , Telaga Warna serta  Danau Pengilon Di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Sejarah Danau Pengilon yang berawal dari cerita penduduk dengan Legenda Sang Begawan Sampurna Jati mencari makna dalam hidup dan di awali mengunjungi Telaga Warna sebagai simbol tatanan tentang Ajaran Moral bagi Orang Jawa.  Ketika melanjutkan perjalanan spiritualnya Beliau menemukan sebuah Danau yang luas , seakan akan memantulkan Cahaya Keadilan di dalam dirinya.

Dari Cerita dan Legenda yang berkembang di tengah-tengah Masyarakat Dieng, Telaga atau Danau Pengilon di anggap sebagai tempat manusia untuk berintrospeksi diri di Tepi danau tersebut, layaknya Pengilon atau Cermin ( jawa ) dan konon katanya bisa melihat isi hati serta sisi baik buruknya seseorang .

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara