Telaga Warna Dieng Plateau


Kawasan puncak dieng jawa tengah memiliki banyak panorama alam menakjubkan. Di antaranya Telaga Warna dan Telaga Pengilon serta terdapat beberapa goa alam yang menyimpan legenda dan suasana mistis.

Kawasan tersebut merupakan bekas kepundan kawah gunung api yang telah padam ribuan tahun silam yang kemudian membentuk cekungan dan berfungsi sebagai tadah air hujan " kaldera".
Dari sisi ilmiah kawasan tersebut banyak mengandung unsur/material vulkanik berupa belerang di dasar telaga dan ketika air dari telaga tersebut terkena pantulan sinar matahari akan di biaskan menjadi warna-warni yang indah tergantung waktu,tempat dan cuaca saat kita melihatnya.

Dari sekian kawah aktif  di dataran tinggi dieng masih jarang wisatawan berkunjung atau melihat kawah unik di area wisata alam telaga warna wonosobo yaitu sebuah kawah dengan ciri khas aroma belerang dan mengeluarkan suara mirip dentuman genderang  yang berasal dari pusat lubang erupsi sehingga penduduk lokal dieng memberi nama Kawah Sikendang (Jawa).

Karena kawah - kawah kecil juga sering mengeluarkan suara seolah-olah seperti orang sedang memainkan alat musik kendang biasanya akan muncul lebih banyak lagi di musim hujan .

Lokasi kawah yang berjarak sekitar 200 meter dari pintu masuk utama ke kawasan wisata alam telaga warna wonosobo. Selain unik di area kawah sangat cocok untuk mengambil gambar atau pun berfoto ria dengan panorama telaga warna dari sebelah timur dan perbukitan hijau nan indah serta bisa menyaksikan satwa khas berupa burung belibis di sekitar telaga .

Popular Posts