Tour Guide


Dieng Indonesia Tour Guide Merupakan Bagian Dari Anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia atau [ HPI] Yang Bekerja Di Kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Tour Guide Dieng Adalah Penduduk Asli Dan Memahami Destinasi Serta Memiliki Lisensi Resmi Pramuwisata Lokal. 
Semua Pelaku Tour Guide Tergabung Di HPI DIENG BANJARNEGARA.



A. Profil Organisasi
1.  Nama Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia( DPC HPI) Kab Banjarnegara
2. Pendirian Organisasi Pemandu Wisata Di Kukuhkan Pada Tanggal 19 November 2015 Dengan Agenda sbb:
a. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pengurus DPC HPI Kab. Banjarnegara Untuk Periode 2015-2020 Oleh DPD HPI Jawa Tengah.
b. Kegiatan Uji Kompetensi Pemandu Wisata oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Lembaga Sertifikasi Profesi [ LSP ] Oleh Pramindo
Sejarah 
Sekilas perjalanan organisasi pemandu wisata lokal kawasan Dieng Banjarnegara di mulai pada tahun 2008 silam dengan kegiatan pelatihan pelaku wisata di bidang Kepemanduan bertempat di Gedung Pendopo Suharto Withlam.
Kegiatan pelatihan pemandu lokal di hadiri sekitar 15 orang dan menghasilkan pemandu wisata aktif 5 orang hingga tahun 2011. Seiring kondisi pariwisata yang masih sepi kegiatan ke pemandu an pun masih berjalan ala kadarnya, minimnya penggunaan jejaring sosial sehingga menjadi hambatan dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang profesi pemandu.
Namun dengan semangat pariwisata yang di lakukan rekan-rekan pemandu lokal terus melakukan re-generasi agar dunia pariwisata di kawasan dataran tinggi dieng bisa berkembang. Hal tersebut di barengi kegiatan pelatihan-pelatihan kepada pemuda dan pemudi desa, kala itu misi kegiatan tersebut sering berhenti di tengah jalan.
Dari tahun ke tahun kegiatan regenerasi akhirnya menciptakan beberapa calon pemandu wisata lokal yang bertahan hingga sekarang dan di ikuti pemandu wisata aktif sekitar 40 orang.
Pemandu wisata yang ber embrio dari kelompok sadar wisata / Pokdarwis Dieng Pandawa inilah yang telah menjadi garda depan pariwisata di dataran tinggi dieng.
B. Visi Dan Misi 
Visi Organisasi Pemandu Wisata Dieng Banjarnegara Adalah Menjadi Pusat Informasi Pariwisata Dataran Tinggi Dieng Kab. Banjarnegara.
Misi Mewujudkan Sumber Daya Masyarakat Lokal Untuk Sadar Wisata, Berpartisipasi Dalam Pelestarian Seni Budaya Lokal, Dan Pusat Informasi Kepariwisataan.
C. Tujuan 
Menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Pramuwisata, Pengembangan Sumber daya Masyarakat, Pengembangan Pemikiran Sadar Wisata Dan Menciptakan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat Luas.
D. Struktur Organisasi 
Struktur Organisasi Dpc Hpi Kab Banjarnegara Terdiri Atas Unsur-Unsur Sebagai Berikut :

Pembina : Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab. Banjarnegara
Ketua :      Suyono
Sekretaris: Arif Fahrurozi / Agus Yuwono 
Bendahara: Slamet Hidayat / Achmad Rochyadi
Humas : Khaerul Anam

Popular Posts