Sunrise Musiman Di Bukit Pangonan Dieng


Ingin mencoba berkemah di savanah bukit pangonan dieng ?
Nah ini satu dari sekian objek wisata tersembunyi di dataran tinggi dieng jawa tengah yang bisa anda coba bermalam di sana.
Gunung Pangonan Dieng merupakan bagian dari sisa letusan gunung purba di masa lampau,  di mana ketika gunung purba dieng mengalami erupsi dan kemudian terjadi dislokasi terbentuklah dataran tinggi dieng begitu juga dengan kondisi gunung pangonan juga mengalami hal serupa yaitu menyisakan lembah semurup yang menjadi ikon savanah gunung pangonan dieng sekarang ini.

Gunung pakuwaja, puncak telaga dringo, gunung prau kian jelas terlihat di saat kita mendaki puncak bukit pangonan dieng untuk melihat matahari terbit [ sunrise bukit pangonan ] akan tetapi fenomena tersebut hanya terjadi di musim tertentu untuk melihat golden sunrise yang sempurna seperti bulan ini [ desember ] atau lebih tepat di musim hujan akan lebih indah.

Namun lagi-lagi kondisi cuaca sering menjadi penghalang untuk menikmati sunrise bukit pangonan di musim sekarang sehingga banyak yang memanfaatkan objek wisata baru di dieng seperti gunung pangonan untuk kegiatan wisata camping terangan [ musim kemarau ].

Savana di lembah semurup gunung pangonan dieng juga menjadi tempat pembentukan frost atau kristal tipis di musim kemarau dan penduduk lokal sering menyebut pabunan [jawa].

Selain sunrise bukit pangonan juga muncul objek wisata baru seperti bukit skoter dieng yang terletak di sebelah utara desa wisata dieng kulon.
Kedua nya juga menawarkan pesona sunrise gunung dieng dan pemandangan pagi hari beserta arakan kabut di musim kemarau.

Kesimpulannya bahwa untuk mengunjungi dataran tinggi dieng akan jauh lebih tepat di awal pergantian musim hingga berakhirnya musim kemarau di dieng plateau.

Popular Posts