Megahnya Gunung Rinjani Di Pulau Lombok


Berpetualang ke nusa tenggara barat tepatnya mendaki ke salah satu gunung tertinggi di indonesia yaitu Gunung Rinjani , mendaki gunung rinjani di pulau lombok merupakan kegiatan wisata alam yang menyenangkan terutama bagi jiwa-jiwa petualang alam bebas.

Gunung rinjani adalah gunung tertinggi kedua di indonesia [3.726m] masuk dalam kawasan taman nasional [TNGR] dan administratif terletak di tiga bagian kabupaten lombok tengah, lombok timur dan lombok barat.

Letusan maha dahsyat masa lampau telah membentuk kaldera serta meninggalkan sebuah keindahan bagi siapa saja yang bertandang ke sana. Segara anakan [ segara anak= danau, anak] dengan luas 11.000.000 m persegi merupakan bagian terindah dari gunung rinjani selain terdapat air terjun, mata air panas, dan gunung baru atau anak gunung rinjani [Barujari] yang baru-baru ini sempat terjadi erupsi [ 25 oktober dan 3 november 2015] sehingga tersiar kabar bahwa gunung rinjani meletus.

Puncak gunung rinjani adalah tujuan utama bagi para pendaki, melihat pulau lombok di ketinggian, menyaksikan gunung agung di bali, gunung tambora serta gunung raung begitu jelas terlihat di saat pagi hari dengan cuaca cerah.

Pendakian masal ke gunung rinjani akan di padati oleh pendaki-pendaki baik dari dalam dan luar negeri di bulan juni - agustus melalui pendakian dari desa sembalun dan finish di desa senaru maupun sebaliknya.

Taman nasional gunung rinjani memiliki pesona alam luar biasa di banding dengan pegunungan lain di indonesia yaitu terdapat danau segara anak [2.010m] seluas 1.100 ha sering di gunakan sebagai area camping ground oleh para pendaki yang sebelumnya sudah berkemah di plawangan sembalun [2.641m]   untuk menuju puncak [summit attack].

Segara anakan di jadikan area camping kedua setelah plawangan / setelah dari puncak. Aktifitas yang dapat kita lakukan di segara anak seperti memancing atau berendam air panas.

Potensi wisata alam gunung rinjani lombok merupakan sebuah anugerah dari Yang Maha Kuasa untuk bangsa indonesia dengan beragam keindahan di dalamnya.
Sebagai titipan bersama yang harus kita jaga demi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa mendatang..Salam Lestari.

Photo Gallery Gunung Rinjani 

KLik : Rinjani Trekking 2016 

Popular Posts