Mari Wisata Religi Ke Masjid Agung Demak Jawa Tengah


Sejenak berwisata religi atau bertravelling hati ke,,,sebuah tempat sejarah dari peradaban agama islam di tanah jawa, tepatnya wisata hati kali ini ke daerah kauman yaitu di masjid agung demak di mana bangunan masjid tersebut merupakan salah satu bagian peninggalan masjid tertua di jawa , nusantara.

Masjid agung demak berdiri pada masa kesultanan demak yang di pimpin oleh raden patah dan para wali songo sekitar abad ke 15 M. Arsitektur masjid agung demak selain berbentuk limas di topang 8 tiang atau saka majapahit juga terdapat keunikkan tersendiri yaitu ada bagian tiang penyangga bangunan masjid tersebut di buat dari serpihan-serpihan kayu ' tatal' dan lebih di kenal Soko Tatal.


Kondisi masjid demak tempo dulu hingga sekarang tidak banyak mengalami perubahan dari di dirikan pada masa kerajaan demak, di komplek ini juga terdapat makam raja-raja kasultanan Demak beserta para abdinya.

Di area masjid sekarang terdapat museum , situs tempat kolam wudhu kuno, menara masjid yang pada masa lampau di gunakan untuk mengumandangkan adzan,


Wisata ziarah ke masjid agung demak belum lengkap sebelum sedikit menggenggam oleh-oleh khas di pasar tradisional, menyajikan souvenir dan beragam pilihan cinderamata ketika berkunjung di kota demak. Menikmati kuliner khas demak yang dapat anda rasakan di sini ..


Perjalanan pulang menuju dataran tinggi dieng kita masih di sambut fenomena matahari tenggelam di pertengahan persawahan yang menghijau seakan membawa kami dalam suasana wisata hati yang damai.. berharap bisa berkunjung kembali ke tanah para wali di kota Demak jawa tengah,
Catatan perjalanan guide Dieng. 

Popular Posts