Camping Ranu Kumbolo, Menikmati Blue Sunrise Di Kaki Gunung Semeru


Serunya camping di lereng gunung semeru menjadi tujuan utama pendaki yang ingin mencicipi keindahan danau ranu kumbolo [2.400m] luas 14 h dengan panorama alam hutan pinus, danau air tawar dan cemara di sekitarnya, habitat burung belibis liar,  bunga edelweis, tikus gunung, dan kepulan solfatara dari puncak jonggring saloko menambah suasana mistis gunung tertinggi di pulau jawa.
Gunung semeru [3.676m] memiliki puncak " Mahameru" kawasan taman nasional bromo tengger semeru dan terletak di antara dua kabupaten malang dan kab.lumajang jawa timur.

Gunung tertinggi ketiga setelah gunung kerinci sumatra, gunung rinjani nusa tenggara barat memiliki jalur pendakian termudah dari kota malang-pasar tumpang, desa ranu pani sebagai awal pendakian dan sekaligus desa terakhir di kaki gunung semeru.

Pendakian menuju ranu kumbolo di mulai dari gapura masuk setelah melakukan registrasi kita bisa langsung melanjutkan perjalanan hingga perbukitan, watu rejeng, dan sampai di area camping ground ranu kumbolo. Menyaksikan keindahan pagi seperti fenomena sunrise di sela perbukitan ranu kumbolo yang spektakuler. Selain danau ranu kumbolo ternyata masih terdapat beberapa danau lainnya seperti: ranu regulo, ranu pani, ranu darungan dan termasuk bagian dari kawasan taman nasional [ TNBTS].

Setelah camping di ranu kumbolo sambil melihat sunrise kita dapat melanjutkan perjalanan melalui tanjakkan cinta, oro-oro ombo, cemara kandang, dan tiba di area camp kedua yaitu di kali mati [2.700m] terdapat mata air yang bisa di gunakan untuk minum [ sumber mani ] apabila perbekalan kita habis.

Trekking menuju puncak mahameru via jalur track arcopodo, bukit pasir hingga ke puncak utama di sarankan untuk menggunakan seorang pemandu lokal yang tentunya paham betul kondisi gunung semeru.

Bagi pecandu camping tidak boleh melakukan pendakian hingga puncak mahameru sesuai dengan prosedur pengelola taman nasional bromo tengger semeru dan apabila pendaki tetap melanjutkan pendakian sampai puncak mahameru hal tersebut sudah di luar tanggung jawab dari pihak pengelola, camping di ranu kumbolo lebih rekomended..Salam lestari #gunungbukantempatsampah.

Jika anda berwisata ke dieng plateau di sana juga ada danau mirip ranu kumbolo nya dieng yaitu di telaga dringo , batur, banjarnegara-batang jawa tengah.

KLIK : Semeru Trekking 2016 

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara