Info Jalur Gunung Prau Dieng Kulon


Desa dieng kulon batur banjarnegara merupakan salah satu dari desa wisata di jawa tengah yang di kelola oleh kelompok sadar wisata ( pokdarwis) Dieng Pandawa. Sebuah kelompok / klaster wisata memiliki beberapa kelompok kerja ( Pokja ) di setiap sektor pariwisata lokal di kawasan gunung dieng.

Pelaku wisata di bidang lingkungan hidup juga turut andil dalam kegiatan pariwisata di area dieng dengan mendirikan sebuah basecamp pendakian ke gunung prau, beralamat di jalan candi dwarawati dieng kulon. Pendakian selain jalur patak banteng,  kalilembu, dieng wetan dan dieng kulon sendiri merupakan jalur pendakian ketiga sebelum jalur pendakian di basecamp desa kalilembu di buka secara umum.

Basecamp pendakian gunung prau via jalur dieng kulon di mulai dari area candi dwarawati, lahan pertanian njeblugan, area tandon.
Di pos pendakian pertama para pendaki akan di sambut hamparan bunga ceplikan, tanjakkan, dan tentunya pemandangan gunung dieng sebelah barat seperti desa -desa kecil di kejauhan di saat mata memandang.


Papan tanda / petunjuk arah juga sudah di sediakan untuk mempermudah pendakian meski ada beberapa tanda arah panah yang telah penuh dengan tulisan. Jalur tanjakan bervariasi dari area tandon hingga pos 2 di pelintangan dengan melewati hutan cemara di sekitar kiri dari lembah sekawer.


Tanaman serunen dan pakis haji mewarnai jalur pendakian prau yang terletak di sebelah barat dari bukit bucu, namun pendakian prau lewat jalur dieng kulon sudah sering di lakukan oleh wisatawan yang di bantu oleh para porter maupun pemandu prau ketika sedang berada di basecamp dwarawati dieng kulon sudah banyak terdapat informasi seputar guide, porter dan rental perlengkapan camping.


Jalur pendakian prau via dieng kulon akan berakhir di pos pelintangan yang selanjutnya bisa meneruskan ke pos tower anjir / jalur tikus ke area telaga wurung. Jangan pernah khawatir dari pos plintangan kita akan bertemu dengan petunjuk arah panah pendakian bahkan pendaki pendaki yang melewati pos pendakian via jalur dieng wetan.
Masih penasaran dengan jalur pendakian prau via dieng kulon? bisa datang langsung dan registrasi di basecamp pendakian dieng kulon, nikmati sensasi mendaki gunung prau dengan memilih 4 dari jalur pendakian yang tersedia di setiap basecamp di dataran tinggi dieng.