Kawah Sikidang Dieng


Cara memilih berwisata konsep alam di dataran tinggi dieng seperti kawah - kawah, telaga atau danau, candi - candi, atau wisata trekking ke gunung tidak ada salahnya anda mencoba wisata alam ke kawah sikidang, kawah sileri kawah candradimuka, kawah sikendang, kawah sibanteng, dan beberapa kawah yang berstatus Aman lainnya.

Terkecuali kawah timbang dan kawah sinila yang berada di lereng pegunungan petarangan ( 20 km dari dataran tinggi dieng ) dekat desa simbar, serang , kecamatan batur memang sering mengeluarkan konsentrasi gas beracun hingga di ambang batas dan sudah berjalan selama bertahun-tahun.

Namun kondisi kawah sikidang , kawah sileri , kawah sibanteng , kawah sikendang , kawah candradimuka sangatlah Aman  bila di kunjungi setiap waktu karena juga di lengkapi alat detektor. Karena daerah rawan gas beracun Co2 hanya terdapat di area barat daya dieng plateau berdasarkan  data atau informasi dari Badan Vulkanologi Dieng.

Kawah sikidang dieng memang menunjukkan salah satu atraksi alam berupa gejolak lumpur, kepulan asap, serta banyak di temukan serpihan belerang di setiap ronga tanah munculnya solfatara dan fumarola.

Bagi pengunjung ketika memasuki kawasan kawah sikidang dieng juga di perkenankan untuk menggunakan sapu tangan, masker atau penutup hidung untuyk menghindari aroma belerang pada saat berada di area kawah sikidang.
Lokasi wisata kawah sikidang dieng sudah di lengkapi fasilitas umu untuk para pengunjung baik area parkir mobil, toilet umum, kios-kios pedagang, guide lokal, mushola, gardu pandang, rental motor trail, jasa foto langsung jadi, penjual batu belerang, jasa rebus telur, dan beragam pilihan untuk berwisata ke kawah sikidang dieng.

Akses menuju ke tempat wisata kawah sikidang sangatlah mudah yaitu dengan mengikuti rambu-rambu wisata / papan arah menuju lokasi tersebut yang tersedia di sepanjang jalur wisata dieng plateau.

Sejarah unik dari penamaan kawah sikidang hanya di berikan oleh penduduk dieng ketika melihat aktifitas kepundan yang berpindah-pindah tempat dalam kurun waktu tertentu. Sikidang atau nama hewan kijang menjadi nama objek wisata kawah dieng ini dan di gambarkan karakter hewan yang sering melompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain.

Proses terjadinya kawah secara alami berupa lubang erupsi, di dataran tinggi dieng juga terdapat kawah yang aman untuk di datangi baik yang berada di kabupaten banjarnegara atau kawah di dieng wonosobo.
Pembentukan kawah tidak secara bersama-sama di satu tempat seperti yang terjadi di kawah Sikidang Dieng Banjarnegara. 

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara