Catper Pemandu Pokdarwis Dieng Pandawa Goes To Candi Borobudur


Panas terik matahari serasa mewarnai perjalanan kami ketika mengikuti kegiatan pelatihan pemandu wisata di provinsi jawa tengah yang di selenggarakan selama beberapa hari dengan rangkaian acara pelatihan tentang kepariwisataan baik secara tertulis maupun praktek di lapangan ( objek ).

Candi borobudur di pilih sebagai uji praktek lapangan setelah dua hari sebelumnya di gembleng dengan materi tentang sapta pesona dll bertempat di musium ronggowarsito kota Semarang. Selain candi borobudur, objek wisata seperti musium kereta api ambarawa juga menjadi sasaran praktek guiding yang di ikuti peserta dari perwakilan kota di provinsi jawa tengah.

Pokdarwis dieng pandawa mengikut sertakan beberapa rekan - rekan calon pemandu atau guide yang akan menjadi ujung tombak pariwisata dieng. Pemandu gunung dari kelompok sadar wisata dieng pandawa akhirnya mendapat sertifikat kelulusan sebagai pemandu untuk wilayah dieng banjarnegara.

Dengan kerja keras serta niat ikhlas akhirnya kami dari pemandu pokdarwis dieng pandawa dari tahun 2009-2015 masih aktif dalam kegiatan pariwisata dieng dan telah meramaikan dunia pariwisata indonesia dengan salah satu event tahunan seperti ruwatan anak berambut gembel ( Dieng Culture Festival ) yang di gagas bersama teman-teman pemandu desa wisata dieng kulon jawa tengah.  

Popular Posts