Episode Guide Pertama Gunung Prau Dieng

Episode guide pertama gunung prau dieng di awali dari Pendakian gunung prau sejak tujuh tahun lalu sudah sering di gunakan untuk kegiatan wisata trekking oleh wisatawan asing yang berkunjung ke dataran tinggi dieng. Jalur pendakian yang sering di gunakan oleh para guide lokal pada waktu itu di mulai dari dieng plateau atau start point siti hinggil, area gemekan, bukit bucu, plintangan, tanjakan jomblo, tower anjir dan berakhir di telaga wurung di mana spot untuk melihat keindahan pagi gunung prau yaitu golden sunrise prau.
Kemudian selain pendakian di mulai dari dieng plateau biasanya para tour guide lokal dieng akan mengajak wisatawan asing kembali ke dataran tinggi dieng melalui jalur pendakian yang berbeda yaitu dengan melewati seprentil patak banteng yang kemudian di lanjut dengan menggunakan mikro bus untuk kembali ke penginapan atau homestay. Tujuh tahun lalu untuk pendakian ke gunung prau juga belum di dirikan tempat atau pos pendakian ( Basecamp ) sehingga masih banyak dari wisatawan asing yang memang belum tahu persis dari keindahan gunung prau di saat melihat matahari terbit tanpa adanya jasa pemandu wisata dieng kala itu.
Pemandu atau guide lokal gunung prau pada jaman dahulu juga hanya menawarkan kegiatan hiking saja tanpa harus berkemah atau camping di puncak bukit teletubbies prau, kegiatan trekking seperti ini yang kemudian di kenal dengan istilah tek-tok. Trek gunung prau kalau di lihat dari sejarah di buat oleh para pencari kayu bakar, pembuat bangunan tower yang hingga kini menjadi bekas jalan setapak dan di gunakan sebagai jalur resmi pendakian ke gunung prau.

Beberapa pelaku wisata atau pemandu pertama ke gunung prau dieng sejak tujuh tahun lalu seperti mas didik ( diengwisata dot com ), mas dwi ( dwidieng dot com), kukuh ( Kalderaprau dot com ) dan meno ( diengindonesia dot com) menjadi pelopor guide gunung prau hingga sekarang.
Seiring dengan waktu pendakian gunung prau dieng juga melahirkan banyak dari guide - guide baru dari dataran tinggi dieng yang ikut serta mempromosikan wisata alam kepada wisatawan yang berkunjung ke dieng plateau.


Hal yang penting dan harus selalu di ingat ketika kita hendak atau sedang berada dan setelah melakukan pendakian ke gunung prau yaitu kita di larang membuang sampah sembarangan, membuat api unggun, dan tentunya tetap menjaga kelestarian alam untuk generasi selanjutnya.


Menikmati keindahan pegunungan kita harus selalu ingat bahwa gunung bukan tempat sampah dengan demikian dari dini kita bisa saling mengajarkan kepada semua untuk tetap dan terus menjaganya agar kelestarian gunung prau akan selalu ada.


Dapatkan informasi pendakian gunung prau terkini melalui pemandu wisata lokal dieng plateau untuk memudahkan info cuaca, akses wisata, jalur pendakian, dan berbagai rental alat pendakian yang mungkin di butuhkan wisatawan, semoga info tersebut berguna bagi siapa saja.. Salam lestarii.

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara