Dieng Satu Dari Desa Terdingin Di Indonesia


Hawa pegunungan yang satu ini akan jelas terasa ketika melangkahkan kaki kita di areal dataran tinggi atau lebih di kenal dieng plateau. Pegunungan dieng yang terdiri dari berbagai desa kecil ( kampung-kampung ) dari arah kaki gunung hingga puncak dataran yang secara administrasi masuk wilayah dua kabupaten wonosobo dan banjarnegara provinsi jawa tengah.

Begitu juga dengan desa dieng yang memiliki potensi objek wisata unggulan di jawa tengah ternyata juga mempunya keunikkan tersendiri selain pemandangan alam dan budaya masyarakatnya, desa dieng bisa di bilang salah satu desa terdingin di indonesia. Bisa di bayangkan oleh kita di saat musim tertentu seperti musim kemarau di bulan juni-agustus , kawasan dataran tinggi dieng akan menunjukkan fenomena alamnya dengan munculnya frost atau sering di sebut embun upas ( Racun ), dengan geografis yang terletak di atas 2.000 m dari permukaan air laut itulah yang menyebabkan dieng di juluki negeri atas awan atau dataran tinggi kedua di dunia setelah pegunungan nepal dengan alasan sebuah dataran tinggi yang di huni oleh sekelompok masyarakat pedesaaan di awal abad ke sembilan belas.

Suasana pegunungan dengan hawa dinginnya menjadi sensasi tersendiri ketika berkunjung ke dieng plateau. Suhu rata-rata 15-20 celcius di siang hari dan mencapai suhu terdingin minus 3 celcius di musim kemarau menjadikan desa desa di sekitar dieng mengalami fenomena dari kristalisasi embun di sore hari hingga pagi hari sebelum sinar matahari muncul kita masih bisa melihat hamparan frost ala dataran tinggi dieng indonesia.
Selain musim kemarau di saat musim penghujan pun dataran tinggi dieng masih dengan hawa dingin melekat bagi siapa saja yang datang dan bermalam di pegunungan dieng tersebut.

Namun versi penduduk lokal sendiri , musim hujan masih terasa hangat di banding musim kemarau tiba.
Apakah desa-desa sekitar dataran tinggi di dieng merupakan salah satu desa terdingin di indonesia? Hal tersebut bisa di buktikan sendiri tatkala anda sudah berada di daerah wisata alam seperti puncak bukit sikunir, gunung prau, atau ketika menginap di hunian masyarakat yang ada di daerah dieng bisa anda rasakan  sensasi desa terdingin di jawa tengah bahkan di indonesia.

Popular Posts