Backpacking Ke Bledug Kuwu Purwodadi


Jalan jalan ke potensi objek wisata area jawa tengah seperti wisata alam bledug kuwu semakin menambah wawasan kita mengenai keunikkan wisata alam yang satu ini. Seperti halnya di amerika dengan fenomena alam salt lake ( Padang garam ) namun di indonesia tercinta ini kita juga punya wisata alam seperti bledug kuwu berlokasi di desa kuwu, kecamatan kradenan, kabupaten grobogan jawa tengah.


Sejarah nama dari bledug kuwu berasal dari suara letupan yang terjadi secara periodik berbunyi 'beldug-beldug', seperti dentuman meriam ketika terdengar dari kejauhan. Daratan bledug kuwu yang berasal dari proses alam dari dasar laut berubah menjadi sebuah tanah datar akibat proses munculnya gelembung lumpur, bersamaan dengan keluarnya asap, gas dan air garam membentuk endapan di daratan

Sehingga jenis tanah di area tersebut berupa tanah kapur yaitu endapan dari erosi gunung kapur. Keluarnya muntahan kawah berupa lumpur berwarna keabu-abuan bila di campur dengan air akan tetap berwarna putih dan apabila endapan lumpur tersebut di campur air juga berwarna putih pula.


Bunyi atau suara bledug kuwu terjadi akibat lumpur yang terdorong oleh gas sekaligus menunjukkan bahwa sumber tenaga penyebab munculnya bledug tidak lain karena produksi gas yang berada di dalam perut bumi.

Berdasarkan teori bahwa gas solfatara ( H2S) dan mofet ( CO2) terjadi di perut bumi karena adanya mineral di sana yang menerima panas dan desakan sangat tinggi. Reaksinya timbul gas dan proses tersebut terjadi asalnya gunung berapi, tentu kita masih teringat tragedi kawah sinila dieng mengeluarkan gas mofet dengan konsentrasi tinggi mengakibatkan bencana alam gas beracun yang sangat mematikan. Catatan trip bareng guide lokal bledug kuwu dan pemandu wisata dieng pandawa

Popular Posts