Guide Candi Dieng Berburu Sejarah Candi Gedong Songo


Trip kemradak tim guide dieng dimulai dari dataran tinggi dieng melalui desa igirmranak, kejajar. Dengan jalan sempit yang berliku kita menemukan pemandangan sunrise yang indah dan deretan tebing menjulang di belakang perkampungan.
Menelusuri perbukitan nan hijau mengambil jalur alternatif memang sangat menyenangkan meski harus tetap waspada ketika mengendarai kendaraan dengan jalur desa igir mranak .


Beberapa jam kemudian kita telah sampai di jalur trabasan untuk mempercepat perjalanan ke candi gedong songo. Usut punya usut di dasari rasa penasaran dengan sejarah salah satu candi di jawa tengah yaitu candi Gedong Songo kami pun mencoba menggunakan jasa Guide lokal disana namun kami tidak mendapatkan satupun pemandu yang bisa mengantarkan kami ke situs candi tersebut.


Dengan waktu kunjungan yang teramat singkat kami mengelilingi perbukitan di area candi sambil mencari refferensi atau sejarah singkat tentang keberadaan dari candi gedong songo alhasil menurut pengamatan kami bahwa situs candi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan kondisi candi di dataran tinggi dieng


Asal usul penamaan candi yang di hubungan dengan jumlah bangunan menjadi nama candi Gedong Songo, lokasi candi di atas perbukitan yang berkabut juga sama halnya lokasi bangunan dengan candi dieng, terdapat aktifitas kawah gedong songo yang mirip dengan salah satu nama kawah di dieng yaitu kawah candradimuka


Arsitektur bangunan candi dengan gaya khas candi hindu dan yang menarik masih terdapat beberapa arca di setiap relung bagian sisi candi, dan yang menjadi perbedaan dengan bangunan candi dingin hanya terdapat pada jenis batuan yang di gunakan.
Letak candi gedong songo tepatnya di lereng gunung Ungaran, yaitu di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara