Dieng Mountaineer United dan Si Jago Merah Gunung Pangonan


Hari ini terlihat kepulan asap yang berasal dari lereng pegunungan pangonan atau lembah semurup yang terletak tidak jauh dari objek wisata musium kailasa, tersiar kabar bahwa gunung pangonan 'terbakar' tanpa ada komando dari dinas terkait kami ( kelompok pecinta alam ) bergegas untuk menuju lokasi kebakaran di lereng-lereng gunung pangonan yang ternyata sebabnya belum juga di ketahui secara pasti entah dari kondisi kemarau yang sudah berkepanjangan atau ulah dari tangan- tangan jahil yang tidak bertanggung jawab kepada lingkungan di sekitarnya.

Tim yang beranggota sekitar puluhan rekan - rekan dari dieng mountaineer united dengan perlengkapan seadanya mencoba memadamkan beberapa area hutan yang banyak di tumbuhi tanaman gelagah, kayu akasia, maupun pohon cemara di sekitar area kebakaran.

Hal yang sangat di sayangkan sekali ketika melihat kondisi hutan yang sudah hangus oleh si jago merah dengan kencangnya angin menjadi sebuah hambatan untuk segera memadamkan api agar tidak menjalar ke area yang lebih luas lagi.

Dengan kerja keras niat tulus aksi peduli kebakaran yang di lakukan oleh teman- teman KPA dieng berjalan dengan lancar hingga api tidak menjalar ke beberapa bagian vital dari hutan di gunung pangonan dieng.
Semoga hal tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kita semua akan pentingnya hutan sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat dieng dan sekitarnya bahwa jangan sekali-kali melukai hutan dengan prilaku kita yang justru akan menyebabkan bencana kepada kita semua.

Terimakasih kepada semua rekan-rekan dan sahabat alam dieng yang telah berpartisipasi menanggulangi kebakaran di gunung pangonan dieng... Save Dieng ' Salam Lestari ' Catper DMU Adventure.

Popular Posts