Wisata Telaga Menjer Dieng


Dari sekian danau di dieng plateau yang masih jarang sekali di kunjungi oleh wisatawan yang datang ke pegunungan dieng adalah danau atau telaga menjer yang terletak di desa maron kecamatan garung. Sejarah telah menjer dahulu adalah sebagai daerah atau desa pemersatu dengan desa- desa di sekitarnya sebelum desa maron menjadi desa terbaru di kawasan daerah desa menjer tersebut.

Kronologi dari telaga atau danau menjer adalah sebuah telaga yang terbentuk akibat letusan vulkanik di sekitar kaki gunung pakuwaja. Daerah telaga menjer pernah di bangun PLTA pada masa penjajahan belanda dan masih berfungsi hingga sekarang ini.

Daerah yang dulunya hanya terdapat mata air kecil di sekitarnya yang kemudian di bangun bendungan dari sebagian aliran sungai serayu melalui terowongan bawah tanah dan di pasang pipa-pipa air untuk mengalirkan air tampungan di telaga menjer menjadi tenaga listrik oleh PT. Indonesia Power.

Selain pemandangan alam yang sejuk di pagi hari, area wisata alam telaga menjer juga menawarkan sensasi wisata unik yaitu wisata air naik perahu di atas gunung.
Menikmati areal perkebunan teh ketika menuju perjalanan wisata ke dataran tinggi dieng melalui desa-desa di kecamatan kejajar wonosobo. Suasana alam pegunungan benar-benar akan terasa di saat melewati kawasan telaga menjer garung wonosobo.

Cara berkunjung ke telaga menjer akan lebih baik di lakukan di pagi hari sebelum menuju ke dataran tinggi dieng yaitu dengan melewati daerah garung kita bisa melanjutkan perjalanan menuju telaga menjer melalui jalan berkelok, naik-turun dan tentunya juga pemandangan alam yang tak kalah indahnya, sebelum kita tiba di area parkiir wisata alam telaga menjer wonosobo.

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara