Telaga Dringo Puncaknya Danau Dieng


Kawasan pegunungan dieng plateau yang kaya akan dengan pesona wisata alam berupa kawah-kawah dan telaga ( danau ) yang tersebar di areal dataran tinggi dieng memiliki salah satu danau terunik dengan ketinggiannya 2.222 mdpl serta di hiasi hamparan material vulkanik berupa pasir ( segara wedi ).

Sejarah asal usul telaga dringo dieng adalah bekas kepundan letusan gunung berapi ( 1786) yang berupa kawah mati dan membentuk cekungan sebagai tempat tadah air hujan serta munculnya mata air di sekitar telaga. Nama dringo sendiri di ambil dari nama tanaman dringo yang tumbuh secara alami.

Dari sejarah pewayangan nama dringo di ambil dari salah satu bagian pusaka cupu manik astagina yang konon jatuh di area puncak gunung dan membentuk sebuah danau yang di perebutkan oleh tiga bersaudara ( guwarso, guwarsi, dan dewi anjani ). Di mana legenda cupumanik terlempar di dua tempat, bagian atas pusaka membentuk telaga sdringo dan bagian bawah menjadi telaga merdada.

Kawasan danau terindah yang terletak di zona wisata dua selain kawah candradimuka dan sumur raksasa jalatunda ini bisa di tempuh dengan cara mendaki atau trekking selain itu kegiatan seperti camping juga bisa di jadikan referensi wisata alam yang menarik untuk di coba dengan camping bareng keluarga, sahabat dan teman tercinta anda.

Keindahan telaga tertinggi di dataran tinggi dieng seperti telaga dringo akan mengingatkan kita dengan ranukumbolo ( jawa timur ) dimana kita bisa melihat danau yang di keliling perbukitan nan hijau, serta bebas dari polusi alam, dan segudang aktifitas alam bisa di lakukan di sana seperti fishing , hiking, dan trekking menjelajahi alam pegunungan di area telaga dringo dieng.

Berwisata ke telaga dringo dieng sangat pas sekali di waktu atau di musim pergantian dari penghujan ke awal musim kemarau tidak seperti saat ini musim kemarau yang melanda pegunungan dieng juga mengakibatkan keringnya telaga dringo.

Danau dringo atau sedringo kian melekat dengan ikon wisata ranukumbolonya dieng plateau. Menikmati sunset sendiri di puncak danaunya telaga sedringo bisa di jadikan aktifitas sore hari pada saat cuaca cerah, menyusuri padang cemeti dan tentunya lokasi wisata yang bebas dari polusi.

Letak danau sidringo berada di desa pekasiran batur banjarnegara atau berbatasan dengan kabupaten batang jawa tengah. Yuk visit telaga dringo puncaknya danau dieng yang semakin populer dan jangan lupa juga berkunjung ke obyek wisata dieng lainnya.


Foto Telaga Dringo Dieng


Popular Posts