RUWATAN PENCUKURAN ANAK RAMBUT GEMBEL DIENG


Gebyar Pekan Budaya Dieng Culture Festival IV yang merupakan agenda tahunan di pegunungan dataran tinggi dieng yang menampilkan berbagai attraksi kesenian dan budaya lokal .

Dengan inti dari acara tersebut adalah ruwatan anak-anak berambut gembel di dataran tinggi dieng, sebuah event yang menampilkan fenomena unik dan di anggap sebagai titipan penguasa gaib dan bahkan pemangku adat setempat meyakini bahwa  gembel adalah Tititpan ratu kidul.

Upaya atau cara untuk menghilangkan rambut gembel hanya bisa dilakukan upacara ruwatan yaitu Ritual pencukuran  rambut gembel dieng .

Ritual ini di laksanakan atas permintaan dari si anak  ( Jejaluk ) . Dalam kegiatan pekan budaya lokal di dataran tinggi dieng tradisi atau ruwat anak rambut gembel di awali dengan prosesi Napak Tilas, Kirab rambut gembel , Jamasan rambut gembel, Pencukuran rambut gembel, ngalab berkah dan Pelarungan rambut gembel.

Selain ritual inti ( pencukuran rambut anak gembel ) dalam Event Dieng Culture Festival juga di tampilkan berbagai atraksi seperti pentas seni tradisional dan budaya lokal  pendukung event lainnya yang tak kalah menarik untuk di saksikan.

Waktu pelaksanaan dieng culture festival IV tanggal 29-30 Juni 2013 dan lokasi kegiatan tradisi ruwatan anak berambut gembel di area candi arjuna dieng banjarnegara jawa tengah,

Popular Posts