RUWAT BUMI DIENG


Baritan merupakan Ritual Sedekah Bumi yang rutin diadakan oleh masyarakat Dataran Tinggi Dieng setiap tahunnya tepatnaya di desa dieng kulon batur banjarnegara.

Kata Baritan sendiri merupakan singkatan dari " Mbubarake Peri Lan Setan " ( Pengusiran roh jahat yang mengganggu Masyarakat ).  

Baritan memang sebuah ritual yang ditujukan kepada para Leluhur agar masyarakat Desa Dieng terhindar dari Balak dan Bencana Sehingga kehidupan senantiasa aman, tentram, dan damai.  

Upacara Baritan identik dengan acara potong kambing yang mana kambing yang boleh di potong harus memiliki ciri khusus yaitu :

jenis kambing yang memiliki lingkaran corak warna tertentu pada bulu di badannya, atau masyarakat dieng biasa menyebutnya Kambing kendit .

Setelah di potong ke empat kaki kambing akan di tanam di empat penjuru desa dimaksudkan sebagai tameng ( Perisai ) untuk melindungi lingkaran luar desa agar tidak ada Balak yang masuk dari luar.

Diselenggarakan pada hari jumat terakhir di bulan Syura yang pada tahun 2013 bertepatan dengan tanggal 29 Nopember 2013.

Sumber : Kelompok Budaya Desa Dieng Kulon 

Popular Posts