SEJARAH CANDI PUNTADEWA DIENG


Peninggalan dari wangsa sanjaya seperti candi dieng sebagai tempat pemujaan umat hindu siwa. Salah satu dari nama candi di ambil dari cerita pewayangan yaitu Candi Puntadewa selain itu juga terdapat nama- nama tokoh pewayangan seperti Arjuna, Semar, Srikandi, Sembadra, Gatotkaca, Bima, Dwarawati , Setyaki, Nakula Sadewa, dan Parikesit .

Sejarah dari candi arjuna dieng sampai sekarang masih menjadi penelitian bagi ahli sejarah maupun arkeologi. Dengan bangunan candi yang terbuat dari batuan andesit tua, seni arsitektur bangunan masih terpengaruh budaya india serta memiliki keunikkan di masing - masing bangunan candi.

Dengan demikian menunjukkan bahwa Candi Dieng memiliki ciri khas tersendiri dan di anggap sebagai salah satu warisan budaya dari para leluhur dengan usia lebih dari seribu tahun. Namun banguna masih kokoh berdiri di kompleks candi arjuna dieng banjarnegara jawa tengah. 

Candi Puntadewa di lihat dari arsitekturnya sudah menunjukkan seni bangunan lokal dengan relung atau tempat arca menjorok ke luar, pondasi  sudah di tinggikan, atap candi berbentuk palang dan hiasan atau ornamen candi yang lengkap.
Tetapi sebagian besar candi -candi di dieng banyak yang sudah rusak, patah, hancur serta hilang. Begitulah sejarah singkat candi puntadewa di dataran tinggi dieng selain penjelasan beberapa candi di sekitar dieng plateau kita dapat mempelajari warisan budaya masa lalu tatkala berkunjung ke pegunungan dieng jawa tengah.
 

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara