PESTA PARAK IWAK BANJARNEGARA


Gelar Seni Festival Serayu Banjarnegara yang merupakan ajang hiburan Kesenian rakyat akan di gelar selama sepekan mulai pagi, siang, hingga malam hari.

Event tersebut menampilkan potensi Seni dan Budaya  yang di olah secara apik, menarik, dan artistik, di kemas oleh seniman, seniwati Banjarnegara dan di pentaskan di alun-alun Banjarnegara , Taman Kuliner, Stadion Kolopaking, dan TRMS Seruling Mas. ( 24-31 Agustus 2013).

Pesta Parak Iwak akan di awali dengan prosesi pengambilan " Ulam Sari Tirta Nyawiji " dari telaga- telaga di Dataran Tinggi Dieng seperti Telaga Balekambang , Telaga Merdada, Telaga Swiwiw, Telaga Pengilon, dan Telaga cebong .

Ulam tirta Nyawiji di tempatka dalam Bokor  " Tumus Pandeleng Ing Manah " kemudian di kirab melalui Kecamatan Batur, Wanayasa, Karangkobar, Banjarmangu, dan semayamkan di Madukara.

Hari berikutnya di larungkan ke sungai serayu Pagelaran Pesta Parak Iwak yang unik, dan apik tersebut nantinya para Wisatawan juga bisa ikut dalam kegiatan Gogoh Iwak , Makan Bareng Seribu Tumpeng , Sambil Menikmati Hiburan Seni Budaya Banjarnegara ( 26-27 Agustus 2013 )


Sumber : Dinbudpar Banjarnegara.

Foto galeri pesta parak iwak