CANDI GATOTKACA DIENG



Wisata sejarah dataran tinggi dieng terletak di provisi jawa tengah memiliki banyak peninggalan berupa tempat wisata kebudayaan masa lampau  seperti candi gatotkaca dieng yang letaknya tidak jauh dari komplek candi arjuna ( 200 m ke arah selatan menuju wisata alam kawah sikidang )

Dari sisi arkeologi candi gatotkaca dieng merupakan bangunan dari tahap ketiga yaitu setelah pembangunn candi arjuna dan candi semar. Nama bangunan candi tersebut di ambil dari cerita pewayangan ( Mahabarata ). Menurut para ahli sejarah di komplek candi gatotkaca dieng terdapat enam bangunan candi seperti candi Nakula, Sadewa, Sentyaki, Nala, Gareng , dan Gatotkaca

Bangunan candi gatokaca dieng berbentuk palang dengan relung arca menjorok ke luar dan di hiasi kala makara khas yaitu dalam bentuk raksasa ( Kala )  tanpa rahang Bawah, di dalam bilik candi juga terdapat yoni dan tempat untuk meletakkan lilin sebagai penerang di setiap sudup bangunan di garbagreha. lokasi candi gatotkaca dieng berdekatan dengan bangunan musium kailasa dieng dan tempat wisata candi gatotkaca mudah di kunjungi dari arah utara, timur bahkan dari arah selatan.

Fasilitas umum di komplek candi gatotkaca dieng bagi pengunjung banyak tersedia pedagang, toilet, mushola, parkir kendaraan wisata, dan beberapa shelter kecil untuk melihat pemandangan komplek candi arjuna dieng dari atas taman musium kailasa dieng.
Di candi gatotkaca juga masih terdapat tumpukkan batu andesit dari konstruksi bangunan candi lainnnya yang di perkirakan bagian dari bangunan candi lain yang pernah ada di sekitar candi gatotkaca dieng.

Dari tempat wisata candi gatotkaca akan terlihat jelas pemandangan telaga balaikambang dieng dengan latar belakang gunung prau di sebelah timur serta pegunungan di sekitarnya. Dari sini wisatawan juga bisa melanjutkan perjalanan wisata berikutnya yaitu menuju candi bima dieng atau ke kawah sikidang yang berjarak 600 m. 

Popular Posts