DESA SEMBUNGAN DIENG



Desa ujung aspal di kawasan dataran tinggi dieng atau yang lebih populer di sebut desa matahari ( Village of Sun ) yaitu desa wisata sembungan dieng wonosobo.
Sebuah perkampungan kecil yang di percaya sebagai desa tertua dataran tinggi dieng, desa tertinggi di pulau jawa, dan desa pertama yang di huni oleh sekelompok masyarakat dataran tinggi dieng, serta di percaya sebagai area transit para peziarah umat hindu kuno di masa lampau yang menghubungkan antara dataran rendah dan pegunungan dieng.

Dengan peninggalan situs ondo budo yang hingga sekarang masih dapat kita  lihat membuktikan adanya hubungan antara tangga kuno ( ondo budo ) dengan desa sembungan yang di ambil dari kata Sambungan dalam arti sebagai daerah yang menghubungkan antara dataran rendah dengan Dieng  Plateau. 

Desa Sembungan juga di sebut sebagai desa tertinggi di jawa tengah maka tak heran dengan kondisi geografik yang demikian di daerah desa tersebut terdapat sebuah bukit yang di gunakan untuk kegiatan wisata pagi yaitu melihat pemandangan alam yang spektakuler di pagi hari yaitu Sikunir Golden Sunrise

Desa wisata sembungan,telaga cebong dan bukit sikunir sekarang sudah banyak di kunjungi oleh wisatawan domestik sejak tahun 2009 hingga sekarang. Dan menjadi destinasi utama objek wisata alam di dataran tinggi dieng wonosobo - banjarnegara - jawa tengah.

Desa Sembungan dulu hanya di kenal sebagai desa terdingin di pegunungan dieng kini sudah semakin hangat dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke bukit sikunir untuk melihat fenomena alamnya serta di balut dengan keramah tamahan penduduk setempat semakin nyata ketika wisatawan sedang menikmati hangatnya mentari pagi.

Dengan kultur masyarakat pegunungan di sekitarnya kita pun akan di sambut dengan tradisi unik di pagi hari, banyaknya penduduk lokal yang sedang karing ( berjemur ) dengan senyum ramah dan tutur katannya akan membawa kenangan bagi siapa saja yang menyapa di saat bertandang ke sana. Akomodasi wisata seperti penginapan juga sudah semakin menjamur di kawasan desa wisata sembungan dieng tersebut.

Popular posts from this blog

PETA WISATA DIENG INDONESIA

MITOS SEPUTAR SUMUR JALATUNDA DIENG

Si Gadung, Rest Area Kekinian Di Banjarnegara