CARICA DIENG


Dataran tinggi Dieng dengan beragam flora fauna yang ada di kawasan tersebut memiliki berbagai tanaman langka yang tidak di jumpai di daerah lain. Seperti purwaceng, kacang babi, melon dieng, khemar / terong belanda, dan pepaya mini dieng yang lebih di kenal dengan sebutan Carica Dieng

Buah carica ( Carica Candamarcensis ) yang hanya tumbuh di kawasan tersebut, memiliki bentuk yang berbeda dengan tanaman lain karena ciri buah berbentuk mini berwarna kekuningan, rasa asam tetapi harum, biji yang berwarna hitam, dengan kandungan getah ( Enzim Proteolitik) serta kandungan di dalamnya berupa zat Papain, Damar, Papyotin, Tanin, Enzim Proteolitik, Serta Vitamin A & C

Pepaya Mini Gunung tersebut di kembangkan pertama kali  oleh kolonial hindia belanda pada masa pejajahan. Namun sekarang sudah mulai di budidayakan masyarakat lokal sebagai minuman awetan ( Jus,Sirup, Manisan, dan Selai) dan di kemas dalam cup atau botol - botol kecil .

Bagi wisatawan yang berkunjung ke dieng  bisa mencoba buah khas  pegunungan dieng dengan harga yang relatif murah dan dapat dijadikan buah kenangan dari pegunungan dieng.

Cara memakan jus atau sirup carica dieng sangat mudah dengan di campur es batu bila anda yang berdomisili di daerah bersuhu panas akan mengobati rasa dahaga anda dan tentunya akan lebih segar di banding di minum di hawa dingin.
Makanan tersebut sekarang banyak di jumpai di sepanjang perjalanan ke wisata dieng akan tetapi untuk menjamin kualitas dan harga yang murah anda dapat mendatangi langsung sipembuat atau home industri di kawasan dataran tinggi dieng atau bila anda belum pernah datang ke dieng juga bisa memesan carica dieng melalui pengiriman secara online. 

Popular Posts